Rekomendasi Terbaik

Monday, May 29, 2017

Cara Mengatasi Double Starter Motor Sering Mati

Double starter motor mati - Bagaimana cara mengatasi doble starter motor sering mati ? Motor starter atau yang sering kita kenal dengan double starter merupakan salah satu komponen yang penting pada kendaraan baik itu motor bebek ataupun motor matic. Meskipun pada setiap motor dilengkapi dengan kick starter apa jadinya jika starter motor matic tidak berfungsi ? Tentu sangat merepotkan jika hal tersebut terjadi pada diri kita sebab untuk menghidupkan motor matic yang listrik starter tidak berfungsi harus menstandarkan tengah terlebih dahulu baru bisa dilakukan kick starter.

Pasti kita pernah mengalami kejadian dimana kita sedang menghidupkan motor matic ataupun motor bebek menggunakan double starter namun motor tetap tidak bisa hidup. Pada saat tombol starter ditekan yang terjadi adalah suara yang sangat kasar dan mungkin malah tidak ada suara sama sekali ketika kita mencoba menghidupkan motor menggunakan listrik starter. Lalu bagaimana cara memperbaiki elektrik starter motor matic yang mati tersebut ? Tentu sangat merepotkan jika double starter motor sering mati, untuk itu kita perlu mengetahui penyebab starter motor tidak berfungsi terlebih dahulu sebelum melakukan perbaikan.

Oleh karena itu kali ini kami Seputar Otomotif akan memberikan beberapa tips untuk memperbaiki dan memberikan informasi kenapa dobel starter motor anda tiba - tiba mati mendadak. Pada dasarnya sumber starter motor sering mati berasal dari 4 komponen motor, diantaranya aki atau baterai, rangkaian, relay starter, dan motor starter itu sendiri. Namun tidak menutup kemungkinan juga elektrik starter motor tidak bisa hidup juga berasal dari penyebab yang lain, konsleting misalnya. Untuk itu mari langsung saja kita simak ulasan mengenai penyebab dan solusi starter motor matic tidak berfungsi secara lengkap dibawah ini.

Cara Mengatasi Double Starter Motor Sering Mati

cara mengatasi starter motor matic tidak berfungsi


Jika listrik starter tidak berfungsi secara umum kita akan berpikir karena aki motor yang sudah rusak / soak sehingga tak heran jika membawa motor matic kita ke bengkel resmi untuk melakukan service biasanya akan disarankan untuk mengganti aki. Mungkin dalam waktu satu sampai dua hari kondisi double starter motor tidak ada masalah namun pada hari berikutnya elektrik starter motor kembali mati padahal kondisi aki motor sudah baru. Setelah itu kita kembali membawa motor matic tersebut kembali ke bengkel sebelumnya untuk melakukan garansi service dan pada perbaikan kali ini dilakukan penggantian kiprok motor matic yang kita miliki. Namun listrik stater motor tiba - tiba mati kembali selang beberapa hari kemudian.

Sekering aki sudah kita ganti berkali - kali namun tetap saja starter motor matic tidak berfungsi, akan tetapi setelah kita mengingat - ingat double starter selalu mati setelah kita mencuci motor ataupun terkena hujan yang sangat deras. Jika terjadi hal semacam itu bisa jadi penyebab double starter motor sering mati tersebut karena adanya konsleting pada kabel - kabel kelistrikan motor tersebut. Oleh karena itu kita perlu memperbaiki jka ada kabel - kabel yang terkelupas atau saling menempel satu sama lain dan alangkah lebih baiknya jika kita menggantinya dengan kabel yang baru (peremajaan kabel motor).

Namun tidak ada salahnya jika kita melakukan pengecekan satu persatu dari sumber penyebab elektrik starter motor tidak berfungsi tersebut. Jika anda ingin mencoba melakukan pemeriksaan motor tidak bisa distarter menggunakan listrik starter, coba dengan cara berikut ini :

Cara Pemeriksaan dan Cara Memperbaiki Starter Motor Yang Mati


1. Cek Aki atau Baterai
starter motor matic tidak berfungsi


  • Baterai merupakan komponen yang sangat penting pada sebuah sepeda motor, karena komponen ini sebagai sumber arus kelistrikan motor salah satunya untuk sistem starter. Jika saat tombol starter ditekan namun motor starter atau dinamo starter diam alias tidak mau berputar maka pertama kali yang harus dicek adalah sumbernya yakni baterai. Gunakan multimeter atau avo meter dan periksa tegangan baterai. Tegangan baterai yang baik adalah tidak kurang dari 12 volt. Jika kurang maka ada dua kemungkinan yakni sistem pengisian yang bermasalah atau memang baterai sudah rusak.

2. Lakukan Pemeriksaan Pada Relay Starter atau Bendik

  • Komponen yang satu ini berfungsi sebagai saklar elektromagnetik untuk memutus dan menghubungkan arus listrik yang cukup tinggi dari baterai menuju motor starter. Cara mengeceknya, sambung dua  kabel (biasanya ada socketnya) ke baterai (+ dan -), jika terdengar suara "cetak" berarti masih bagus. Jika tidak kemungkinan besar bendik sudah mati dan cara memperbaikinya adalah dengan dilem biru alias lempar ganti yang baru.

3. Coba Cek Rangkaian Starter Motor Tersebut

  • Jika ternyata tegangan baterai masih bagus maka langkah selanjutnya adalah periksa rangkaianya. Periksa rangkaian starter mulai dari kabel yang putus, socket-socket atau pada tombol starter yang kotor. Caranya dengan menggunakan multimeter, periksa apakah arus listrik mengalir atau tidak. Jika ada kabel yang putus sebaiknya diganti yang baru atau jika terpaksa anda bisa menyambungnya kembali, jika tombol starter kotor bersihkan dengan amplas halus.

4. Motor Starter (dinamo)

  • Kerusakan pada motor starter memang jarang terjadi. Periksa dengan menggunakan multimeter dengan cara probe (+) dihubungkan dengan kabel yang menuju motor starter dan probe (-) dihubungkan dengan massa. Tekan tombol starter dan periksa apakah ada arus listrik yang mengalir atau tidak. Jika ada, maka bisa dipastikan motor starter mati. Kerusakan pada motor starter ini ada dua kemungkinan yakni sikat (brush) sudah aus atau kumparan putus. Jika hanya brushnya saja yang sudah aus, anda bisa menggantinya dengan yang baru, namun jika ternyata kumparan (spull) putus sebaiknya dibawa ke tukang servis dinamo.

baca juga :

  1. Tips Memanaskan Motor Matic Agar Tetap Awet
  2. Cara Memperbaiki Aki Kering Motor Yang Cepat Habis

Demikian artikel kami kali ini yang baru saja kita bahas mengenai penyebab dan cara memperbaiki starter motor tidak berfungsi. Semoga artikel kami diatas dapat memberikan manfaat untuk kita semua, sekian dan terima kasih ..
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Facebook