Rekomendasi Terbaik

Tuesday, January 3, 2017

Tips Sebelum Membeli Mobil Bekas Agar Mendapat Mobil Berkualitas

Tips memilih mobil bekas - Bagaimana cara membeli mobil bekas berkualitas agar kita mendapatkan mobil yang bagus ? Memiliki sebuah mobil bekas berkualitas tidak dapat kita cari dengan mudah di pasar mobil bekas (mobkas) apalagi di dalam sebuah showroom mobil karena untuk mendapatkannya diperlukannya sebuah cara memilih mobil bekas agar tidak menyesal di kemudian harinya. Dengan perkembangan suatu zaman di tambah lagi faktor transportasi umum di Indonesia yang sekarang ini sulit untuk menemukan kenyamanan didalamnya menjadikan banyak masyarakat indonesia beralih menggunakan kendaraan pribadi salah satunya adalah mobil. Akan tetapi dengan harga yang cukup tinggi pada sebuah mobil baru menjadikan tidak semua orang dapat membeli mobil yang mereka inginkan. Namun itu semua dapat kita siasati dengan alternatif cari mobil murah yang pilihannya biasanya ada pada membeli mobil bekas.

Mobil bekas seringkali di identikkan dengan mobil yang kurang bagus dalam segi body maupun performance mesin mobil bekas cepat rusak. Dan jika si pembeli mempunyai nasib yang kurang bagus, terkadang baru beli namun sudah melakukan perawatan bahkan pergantian mesin yang mengeluarkan biaya sampai jutaan rupiah. Untuk itu jika anda akan membeli mobil di sebuah pasar mobil bekas ataupun suatu showroom, setidaknya anda mengetahui info mobil bekas yang akan anda beli dan juga tips membeli mobil bekas di showroom supaya mobil second yang anda beli adalah benar - benar mobil seken berkualitas. Namun sayangnya, tidak semua orang dapat teliti ketika memilih mobil bekas yang bagus dan berkualitas. 

Akan tetapi jangan terlalu memandang sebelah mata terhadap mobil bekas dahulu, sebab jika mengerti hal - hal yang perlu diperhatikan saat membeli mobil bekas tentu mobil bekas berkualitas bisa kita dapatkan. Sebenarnya teliti sebelum membeli adalah sebuah kunci memilih mobil bekas harga dibawah 50 juta. Oleh karena itu kali ini kami akan berbagi sebuah tips sebelum membeli mobil bekas, agar kita mengetahui ciri ciri mobil bekas rental. Langsung saja kita simak cara membeli mobil bekas yang bagus sebelum membelinya dibawah ini.

Tips Sebelum Membeli Mobil Bekas Agar Mendapat Mobil Berkualitas

tips membeli mobil bekas di showroom


10 Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Mobil Bekas, yaitu :


1. Cari info seputar mobil bekas yang anda cari.

Banyak situs jual mobil bekas yang dapat menjadi sumber informasi bagi anda mengenai merk, harga, tahun dan spesifikasi mobil yang anda cari, misalnya www.performance-car-desaign.blogspot.com.
Selain itu jika anda mempunyai teman seorang mekanik / paham mengenai mobil, anda dapat bertanya - tanya tentang harga, tahun, dan spesifikasi mobil bekas yang Anda inginkan.
Pengetahuan mengenai info mobil bekas dapat mempermudah Anda ketika mengambil keputusan saat memilih mobil second berkualitas. Setelah itu apabila anda hendak surve mobil lawas yang hendak anda beli, ajaklah orang yang paham mengenai mesin mobil terutama mesin mobil bekas.

2. Beli mobil bekas dari tangan pertama / pemilik asli.

Yang kami maksud tangan pertama disini adalah pemilik mobil bekas tersebut. Ada baiknya jika anda membeli mobil second carilah mobil yang dijual oleh si pemilik mobil tersebut dibandingkan anda mencari mobil bekas dari dealer, showroom atau makelar.
Memang dalam sebuah showroom mobil bekas ada terdapat banyak pilihan mobil yang dijual, namun semakin banyak pilihan anda juga harus pintar - pintar memilih mobil bekas yang berkualitas. Sebab pada sebuah pasar mobkas anda tidak mengetahui mobil second yang dijual disana mempunyai latar belakang seperti apa, sehingga anda perlu mengetahui yang perlu diperhatikan saat membeli mobil bekas di pasar mobil bekas tersebut.

3. Cari tahu mengapa mobil bekas tersebut dijual.

Yang perlu diperhatikan saat membeli mobil bekas adalah latar belakang dari mobil tersebut. Setidaknya jika anda mengerti latar belakang mobil lawas tersebut, anda bisa terhindar dari mobil bekas rental yang sangat sering diperjual belikan saat ini. Untuk mencari tahu latar belakang mobil ketika anda bertemu dengan pemilik mobil secara langsung, anda dapat mengajukan pertanyaan dasar untuk mengetahui latar belakang mobil tersebut sebagai berikut :

  • Kapan Anda membeli mobil ini ?
  • Selain Anda, siapa yang sering menggunakan mobil ini ?
  • Apakah mobil ini pernah mengalami kecelakaan ?
  • Seberapa sering Anda mengendarai mobil ini ? Ke mana saja ?
  • Ke mana rute terjauh yang pernah ditempuh ?
  • Mengapa Anda menjual mobil ini ?
  • Berapa kali dalam setahun Anda melakukan service ?
  • Apakah spare part tertentu pernah diganti ? Kapan dan mengapa ?

4. Perikas bodi mobil.

Setelah itu lakukan pemeriksaan terhadap bodi mobil bekas yang akan anda beli, semakin mulus bodi mobil tanpa adanya goresan ataupun bekas dempulan maka akan semakin bagus mobil tersebut.
Lalu bagian apa sajakah yang perlu diperiksa saat melakukan pengecheckan bodi mobil ini :

  • Perhatikan kondisi cat mobil : Apakah masih mulus atau ada titik-titik karat, goresan, penyok, atau bekas tambalan. Pastikan pada semua bagian mobil dari depan sampai belakang, dari atas sampai bawah, dari kanan ke kiri.
  • Perhatikan plafon (bagian atas mobil) : Plafon yang masih bagus adalah yang masih tebal karena akan melindungi suhu udara di dalam mobil terutama pada siang hari.
  • Perhatikan keempat ban : Apakah masih bagus atau sudah mulai aus. Jika ada yang menipis, tentu Anda harus mengeluarkan uang lagi untuk menggantinya.

5. Lakukan pengecheckan terhadap mesin mobil.

Pada bagian pemeriksaan mesin mobil merupakan bagian tersulit saat membeli mobil bekas jika anda tidak paham betul mengenai seputar otomotif. Untuk itu ajak seseorang yang ahli di bidang ini untuk memilih mobil bekas yang hendak anda beli agar mendapat mobil yang bagus dan berkualitas. Lalu sebenarnya apa sajakah yang harus di check pada bagian ini :

  • Periksalah bagian dalam kap mesin seperti selang-selang dan pastikan semua bebas dari kebocoran dan korosi. 
  • Buka tutup oli mesin dan periksa apakah ada bekas buih yang menandakan kebocoran.
  • Setelah itu, angkat tongkat pengukur oli transmisi dan pastikan warna oli merah atau merah jambu serta oli dalam keadaan penuh.

6. Periksa pada bagian dalam dan interior mobil.

Setelah anda melakukan pengechekan terhadap bodi dan mesin, bagian yang anda periksa selanjutnya di dalam mobil second tersebut adalah :

  • Periksa jok dan sarungnya. 
  • Hidupkan mesin mobil kemudian nyalakan AC untuk memeriksa apakah masih dapat berfungsi dengan baik.
  • Selanjutnya check spidometer untuk mengetahui jarak tempuh. Kondisi mobil yang baik adalah memiliki jarak tempuh yang normal, seorang pengemudi rata-rata akan menempuh jarak 16.000 sampai 24.000 Km dalam setahun.
  • Jika terdapat perlengkapan lain seperti radio, CD, TV, sensor dan kamera parkir, pastikan perlengkapan tersebut dapat berfungsi dengan baik.

7. Test Drive.

Untuk mengetahui performance mobil bekas yang akan anda beli perlu dilakukan sebuah uji coba berkendara / test drive. Dengan melakukan test drive anda akan mengetahui kelayakan mobil tersebut untuk dikendarai sebab saat anda mengemudikan mobil tersebut anda dapat mengetahui bagaimana kondisi rem yang merupakan komponen mobil terpenting.
Urungkan niat untuk membeli jika pada saat Anda mengerem di kecepatan 50 Km/jam, ada getaran pada pedal rem atau terdengar bunyi mendecit meskipun ada cara mengatasi rem mobil berbunyi. Namun jika ada negosiasi dengan si pemilik untuk biaya perbaikan anda dapat memikirkannya kembali untuk membelinya.

8. Tanyakan perkakas mobil.

Perkakas seperti kunci, dongkrak ataupun ban serep akan berguna sebagai alat persediaan dalam keadaan darurat, contohnya saja ketika sedang mogok di tengah jalan. Oleh karena itu setelah melakukan test drive tidak ada salahnya jika anda menanyakan tentang perkakas mobil tersebut. Tentu akan menghemat biaya jika pada mobil yang hendak kita beli sudah dilengkapi dengan alat - alat tersebut, bukan ?

9. Periksa kelengkapan surat - surat mobil bekas tersebut.

Selain untuk mengetahui mobil tersebut bekas taksi atau tidak, Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) juga akan memberikan rasa nyaman anda berkendara karena mobil tersebut bukanlah mobil ilegal. Berikut cara memeriksa kelengkapan pada surat - surat mobil tersebut :

  1. Periksa keaslian cap dan tanda tangan pengesahan BPKB dan STNK tersebut. Halaman pengesahan disertai dengan hologram yang dapat diperiksa dengan mudah di bawah sinar matahari.
  2. Setelah itu periksa Noka (Nomor Rangka) dan Nosi (Nomor Mesin) yang terletak di dalam kap mesin. Pastikan nomor-nomor tersebut sama dengan yang tertera di BPKB dan STNK.
  3. Meskipun semua nomor telah sama, ada baiknya untuk mengetahui keaslian dokumen anda pergi ke kantor Samsat agar lebih pastinya. Anda dapat meminta lembar foto copian untuk diperiksa di kantor Samsat apabila dokumen asli tidak dapat dibawa.

10. Periksa asuransi mobil tersebut.

Jika pemiliki mobil menyatakan mobil tersebut memiliki asuransi itu akan menjadi salah satu keuntungan bagi anda. Namun sebelum itu mintalah si pemilik memperlihatkan kartu atau dokumen resmi yang menyatakan bahwa mobil tersebut telah diasuransikan. Proses balik nama dapat dilakukan dengan syarat dokumen dan surat jual beli lengkap.
Oleh karena itu sebelum melakukan pembayaran, Anda perlu untuk melengkapi diri dengan surat dan dokumen jual-beli yang lengkap dan legal (bermaterai). Selain itu, mintalah fotocopy KTP penjual mobil sebagai arsip Anda.

baca juga :

Demikian artikel kami kali ini yang baru saja mengulas tentang cara membeli mobil bekas berkualitas. Semoga artikel kami kali ini dapat memberikan manfaat untuk kita semua dan saran kami janganlah anda tergiur oleh mobil bekas yang dijual dengan banting harga semurah - murahnya agar tidak menyesal di kemudian harinya. Sekian dan terima kasih ..
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Facebook