Rekomendasi Terbaik

Thursday, December 22, 2016

Tips Mengatasi Mobil Tiba - Tiba Mogok Dalam Perjalanan

Mobil mogok - Bagaimana cara mengatasi mobil mogok dalam perjalanan dan mesin distarter susah hidup ? Apa yang akan anda rasakan jika dalam perjalanan mengemudi mobil tiba - tiba mogok di tengah jalan, tentu akan sangat menjengkelkan terlebih lagi jika bengkel mobil memiliki lokasi yang jauh dari tempat mobil anda yang mogok. Namun anda jangan berlarut - larut dalam kesedihan sebab mobil mogok alias berhenti dengan tiba-tiba saat dalam perjalanan dan mobil distarter tidak mau hidup sebenarnya juga banyak dialami oleh pengguna mobil. Meskipun sebelum mobil akan digunakan untuk menepuh perjalanan yang jauh, mereka sudah melakukan persiapan supaya tidak mengalami kejadian mobil berhenti sendiri tersebut.

Untuk itu perlu anda ketahui terdapat tiga komponen utama yang mempunyai peranan penting pada sistem mesin mobil, di antaranya adalah penyuplai daya, pengapian, serta pemasok bahan bakar. Secara otomatis mobil tidak dapat menyala atau sering dikenal dengan mogok akan terjadi jika ada salah satu bagian dari ketiga komponen tersebut sedang mengalami kerusakan. Mungkin bagi orang yang paham betul tentang mesin mobil, dia tidak akan kebingungan ketika mengalami hal tersebut karena dia mengetahui penyebab mobil mogok tiba tiba untuk memperbaikinya. Berbeda dengan orang yang masih pemula atau awam mengenai seluk beluk mesin mobil, tentu mereka tidak akan mengerti cara mengatasi mobil mogok di jalan.

Oleh karena itu kali ini performance-car-desaign akan mencoba berbagi pengetahuan tentang bagaimana cara atasi mobil mogok tidak bisa distarter. Jadi anda tidak perlu bingung cara dorong mobil matic yang mogok jika anda sudah mengetahui penyebab mobil mogok tiba tiba sehingga masalah tersebut dapat diatasi. Untuk itu mari kita mulai saja pembahasan tips mengatasi mobil mogok mendadak dalam perjalanan yang sudah kami tuliskan secara lengkap dibawah ini.

Tips Mengatasi Mobil Tiba - Tiba Mogok Dalam Perjalanan

cara mengatasi mobil mogok di jalan


Langkah yang anda lakukan untuk mengatasi mobil mogok di tengah jalan adalah :


1. Posisikan mobil anda pada tempat yang aman.

Langkah pertama jika mobil anda mogok di tengah jalan adalah mendorong ke pinggir jalan dimana tempat yang aman dari lalu lalang kendaraan yang lewat. Tempat yang leluasa dapat memberikan anda ruang gerak untuk memeriksa mobil anda yang mogok tersebut.

2. Lakukan pemeriksaan pada bagian penyuplai daya.

Alasan mengapa kita pertama kali harus memeriksa penyuplai daya karena komponen penyuplai daya menjadi bagian penting yang berfungsi untuk menghidupkan mesin mobil. Prinsil kerja penyuplai daya hampir sama dengan aki, menjadi daya pertama untuk menyalakan mesin mobil yang kemudian tegangan 12 volt aki akan dipergunakan sebagai tegangan tinggi oleh koil sampai puluhan ribu volt, setelah itu tegangan tinggi tersebut akan di teruskan menuju busi untuk pengapian oleh distributor serta CDI atau platina. Jadi jika terjadi masalah pada komponen aki dan koil dapat menyebabkan mesin mobil menjadi sulit dihidupkan.

Untuk itu cara mengatasi mobil mogok pada komponen penyuplai daya adalah :
  1. Pertama - tama periksa sambungan pada tutup kepala pada aki kemudian pastikan sambungan tidak kendor atau tertutup karat. 
  2. Kemudian lakukan pengecheckan pada bagian kabel koil untuk memastikan kabel yang keadaannya lepas atau kendor. 
  3. Apabila aki anda mengalami tekor sebaiknya segera lakukan charge pada aki anda atau ganti dengan aki (accu) yang baru.

3. Check pada bagian pengapian.

Setelah anda melakukan pemeriksaan pada bagian suply daya dan sudah anda pastikan tidak ada kerusakan, langkah selanjutnya adalah check pada bagian pengapian. Bagian pengapian yang perlu kita pastikan tidak adanya kerusakan adalah pada komponen distributor, CDI atau platina, serta busi. Untuk pemeriksaan busi mobil, anda cukup mencabut setiap busi pada mesin mobil lalu lakukan pembersihan di setiap businya.

4. Pastikan pemasok bahan bakar dalam kondisi baik.

Komponen yang berfungsi sebagai pensuplai bahan bakar adalah karburator (jika anda menggunakan mobil yang masih menggunakan karburator) serta pompa bensin. Masalah yang sering terjadi pada karburator mobil biasanya terjadi karena karburator kebanyakan bensin atau kekurangan bensin.
Cara mengatasi masalah pada karbulator tersebut adalah :
  1. Pertama - tama dengan membuka filter udara dari karburator kemudian biarkan terbuka terlebih dahulu, setelah itu hidupkan mesin tanpa menginjak pedal gas. 
  2. Apabila mesin mobil belum hidup maka injak pedal gas dalam-dalam kemudian starter / nyalakan mesin kembali. 

Untuk melakukan pemeriksaan pada pompa bensin anda dapat melakukan langkah sebagai berikut :

  1. Lepas selang bahan bakar lalu masukkan ujung selang kedalam botol setelah itu starter mobil anda. 
  2. Pompa bensin dapat dikatakan memiliki fungsi yang tidak baik jika bahan bakar tidak mengalir dengan lancar.

baca juga :
Cara Mengatasi Mobil Distarter Tidak Bisa Hidup
Cara Mengatasi Body Mobil Yang Tergores

Demikian artikel yang dapat kami sampaikan kepada anda mengenai cara menghidupkan mobil mogok kali ini. Semoga artikel kami diatas dapat mengatasi masalah mobil anda yang mogok sebelum adanya bengkel terdekat maupun montir yang datang, sekian dan terima kasih ..
Share:

1 komentar:

Facebook