Rekomendasi Terbaik

Monday, November 13, 2017

Cara Mengatasi Mobil Distater Tidak Bisa Hidup

Mobil tidak bisa distater - Bagaimana cara mengatasi mobil tidak bisa distarter ? Salah satu masalah yang sering terjadi pada para pemilik mobil adalah mobil susah distarter di pagi hari ketika mesin mobil dalam keadaan dingin. Kejadian yang sangat menjengkelkan jika hendak pergi ke kantor namun mobil tidak bisa hidup padahal sudah distarter berkali - kali. Salah satu penyebab mobil sudah distarter tapi mesin tidak bisa hidup dikarenakan kita kurang merawat / service mobil kita tersebut. Sehingga performance mobil kita akan menurun karena mesin mobil kita sulit di hidupkan tersebut.

Kita tentu tidak menginginkan kejadian dimana saat kita sedang mengemudi mobil dalam perjalanan tiba-tiba mobil mogok atau mobil injeksi susah di starter, padahal ketika dirumah mesin mobil di starter bisa langsung hidup dan tidak menunjukkan adanya gejala mogok pada mobil. Pada umumnya mobil sulit distarter pada kondisi mesin panas maupun dingin sering terjadi pada mesin bensin yang masih menggunakan sistem karburator. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan juga mobil mogok dan susah distarter dapat terjadi pada mesin bensin injeksi maupun mesin diesel. Berikut ini beberapa penyebab mobil susah distarter diantaranya adalah :

1. Busi Bermasalah
2. Tegangan Baterai/ Aki Kurang
3. Karburator Banjir
4. Pompa Bensin Lemah
5. WTS bermasalah

Oleh karena itu jika anda mengalami dan muncul pertanyaan mengenai kenapa mobil distarter tidak mau menyala, secara umum sekarang anda sudah mengetahui penyebabnya. Kali ini performace-car-desaign akan mengulas lebih dalam mengenai bagaimana cara memperbaiki mobil yang tidak mau hidup setelah distater pada faktor kerusakan kelistrikan dan kerusakan komponen mesin mobil. Mari kita simak secara seksama mobil tidak bisa distarter saat mesin panas dibawah ini.

Cara Mengatasi Mobil Distater Tidak Bisa Hidup

mobil bisa distarter tapi tidak nyala


1. Cara mengatasi mobil tidak bisa distarter karena kerusakan di kelistrikan.


Penyebab mobil tidak bisa hidup padahal sudah distarter biasanya disebabkan karena terdapat kerusakan pada sistem kelistrikan, dapat kita ketahui apabila ketika mobil distarter namun tidak menunjukkan adanya arus listrik tersambung atau mengalir yang dapat kita dengar dari bunyi starter dari dinamo. Sering kali suara dinamo starter terdengar lemah dan mengayun dan yang paling parah tidak ada respon suara dinamo sama sekali. Akan tetapi jika kita mendorong mobil, mesin masih bisa hidup kembali. Sebagai catatan untuk mengatasi mobil mogok, tidak semua mobil mogok dapat diatasi dengan mendorongnya.

Cara check mobil mogok tidak bisa distater karena masalah kelistrikan dapat kita periksa pada bagian :

1. Socket dan Kunci Kontak

Jika kunci kontak diputar namun tidak terdengar suara dynamo starter yang bergerak, lebih baik periksa dahulu socket kunci kontak sebelum melihat kondisi aki. Sebab rusaknya kunci kontak juga dapat mengakibatkan mobil tidak bisa di starter karena kendornya socket yang menghubungkan kunci kontak dapat menjadi salah satu penyebab mobil tidak bisa menyala.

2. Aki (Accu) 

Kemudian yang harus kita periksa jika masalah mobil tidak bisa distarter adalah kondisi aki mobil tersebut karena sumber arus listrik terbesar berasal dari aki (accu). Jika kondisi cairan pada aki (accu) mobil sudah terlihat berkurang dan usia aki sudah lebih dari 2 tahun juga dapat mengakibatkan aki tekor serta tidak mampu untuk mengalirkan arus menuju ke starter mesin mobil. Untuk itu anda perlu memeriksa kabel kutub pada aki, apabila kotor karena kerak maupun jamur serta soket kepala aki kendor dapat mengganggu aliran listrik mobil.

3. Kabel Sikring Utama

Selain itu kabel sekering utama juga berpengaruh terhadap masalah starter mobil. Untuk itu periksa kondisi kabel sikring utama pada mobil memiliki posisi di dekat accu pada kutub positifnya, jika anda menemukan kabel sekeringnya ternyata putus ganti sekring dengan yang baru.

4. Dynamo Starter

Dinamo starter rusak dapat kita ketahui pada saat mobil distarter bunyi tek tek. Untuk itu segera perbaiki atau ganti dengan yang baru karena bisa jadi gear dinamo starter yang rusak, ciri - cirinya apabila terdengar suara dinamo berfungsi akan tetapi hanya terdengar lepas / los sehingga tidak dapat menghidupkan putaran mesin.

5. Periksa kondisi dan Jalur Kabel-Kabel

Dan yang terakhir yang menjadi penyebab mobil tidak bisa menyala adalah kondisi kabel elektikal pada mobil yang mulai mengeras karena terdapat kemungkinan kabel ataupun serat kabel menjadi mudah putus. Kami sarankan jika anda membeli mobil yang sudah mempunyai usia lebih dari 10 tahun itu artinya sudah saatnya anda memperbarui kabel - kabel elektrik yang ada dan serahkan pengerjaan pada bengkel yang ahli dalam bidang perkabelan / urut kabel.

6. Alternator / Dynamo Ampere

Penyebab mobil jadi susah di starter, karena dapat aki cepat drop atau tekor biasanya disebabkan dari pengisian alternator yang sudah kurang. Terlebih lagi jika mobil anda banyak menggunakan aksesoris elektronik / audio yang membutuhkan arus yang besar. Kelayakan kerja alternator harus menjadi perhatian kita, untuk itu segera ganti dengan yang berdaya lebih besar jika fungsi altenator sudah terganggu.

baca juga :

2. Cara mengatasi mobil tidak bisa distarter karena kerusakan pada komponen mesin


Salah satu tanda mobil susah distarter karena kerusakan komponen mesin sering kali ditandai dengan mesin sudah bisa distarter namun tetap tidak mampu menghidupkan mesin, dan biasanya jika mobil didorong tetap saja mesin tidak dapat dihidupkan.

Cara check mobil mogok tidak bisa distarter karena masalah kerusakan pada komponen mesin dapat kita periksa pada bagian :

1. Periksa Busi, Kabel Busi, Koil

Jika anda merasa mesin mobil tidak bisa hidup karena ada masalah di pengapian mobil maka ketiga komponen inilah yang perlu anda periksa karena busi, kabel busi dan koil akan selalu berhubungan. Jadi jika salah satu diantaranya mengalami kerusakan maka dapat dipastikan mesin tidak akan bisa hidup walaupun sudah distarter.

2. Karburator

Apabila mobil anda masih menggunakan karburator untuk menyuplai bensin ke ruang pembakaran dan belum menggunakan sistem injeksi, mesin mobil menjadi susah menyala biasanya disebabkan oleh karburator yang kotor serta setingan angin yang tidak tepat. Semua ini terjadi karena pembakaran dari karbulator yang tidak berjalan baik.

3. Pompa Bensin Mobil

Pompa bensin mobil yang tidak berfungsi tentu akan berakibat mobil mogok dan mesin tidak dapat dihidupkan, itu disebabkan karena aliran bensin yang masuk ke karburator tidak berjalan.

4. Platina 

Untuk mobil yang masih menggunakan platina, kerusakan atau setelan platina yang tidak tepat dapat mengakibatkan mobil susah menyala saat di starter.

5. Bushing CDI

Bushing CDI merupakan dudukan pulser atau magnet CDI. Goyangnya bushing CDU dapat merubah posisi pulser yang berpengaruh pada timing pengapian dan putaran mesin sehingga dapat menjadi salah satu penyebab mobil mogok. Untuk mengetahui kerusakan pada bushing CDI kita memerlukan bantuan bengkel yang cukup berkompeten, jika tidak sering kali bengkel salah mendeteksi sehingga yang dibilang rusak adalah dari CDI itu sendiri.

6. CDI

Fungsi dari CDI adalah mengatur pengapian dalam putaran mesin oleh karena itu jika CDI sudah mulai melemah komponennya tentu akan menyebabkan mobil tidak bisa di starter. Selain itu faktor usia pemakaian juga menjadi salah penyebab rusaknya CDI.

Demikian artikel kami kali ini yang telah membahas cara mengatasi mobil susah distater. Selain dari artikel yang telah kami sampaikan diatas, sebenarnya masih banyak cara untuk mengatasi mobil yang mogok dan susah distater untuk hidup kembali. Agar performance mobil tetap terjaga untuk itu kita harus melakukan perawatan dengan cara service rutin sebelum terjadinya breakdown pada mesin mobil kita. Semoga artikel kami kali ini dapat bermanfaat bagi kita semua, sekian dan terima kasih ..
Share:

Facebook