Rekomendasi Terbaik

Monday, January 30, 2017

Cara Menghilangkan Suara Mesin Satria Fu Yang Kasar Di Area Kepala Silinder

Modifikasi satria fu 150 - Bagaimana cara menghilangkan suara mesin satria fu yang berisik ? Sebagai rider satria fu, pernahkah anda mengalami mesin satria fu berisik saat panas dan yang paling menggangu tiba - tiba mesin motor mati mendadak setelah itu ? Tentu kita sudah mengenal akan beberapa tipe dari motor satria fu 150 cc seperti Suzuki Satria Fu Black Fire, Suzuki Satria Fu Facelift, Suzuki Satria Fu Fighter, Suzuki Satria Fu Black Predator, dll. Namun masalah pada motor satria fu yang kebanyakan terjadi adalah suara mesin satria fu yang kasar. Lalu bagaimana cara mengatasi suara mesin gemricik ( tik tik tik) pada satria f 150 ?

Sebenarnya penyebab bunyi berisik pada mesin Satria FU 150 dapat berasal dari bunyi pada bagian piston, bunyi rantai timing, crankshalft, bunyi bagian kopling, transmisi ataupun pada bagian katupnya. Akan tetapi rata - rata penyebab suara mesin satria fu berisik karena adanya masalah pada bagian rantai timing atau rantai keteng yang sudah mulia aus ataupun melar. Lalu jika sudah terjadi seperti itu, hal yang harus dilakukan sebagai cara mengatasi suara mesin satria fu berisik adalah melakukan penyetelan timing jika rantai keteng masih mampu atau dengan menggantinya dengan yang baru. Sebab jika mesin motor satria yang berbunyi tersebut anda biarkan maka dapat mengakibatkan mesin motor satria anda menjadi sering mati mendadak.

Selain rantai timing, beberapa pengguna Motor Satria FU sering terganggu akan suara - suara berisik yang bersumber dari area kepala silinder. Setelah penggantian rantai keteng namun suara berisik tidak juga hilang bisa jadi karena setelan klep (shim klep) yang mulai aus atau merengang. Sekedar informasi, untuk setelan klep bawaan pabrik yang dianjurkan pada motor stria fu 150 cc ini untuk klep in (klep masuk) ada pada kisaran 0,10 sampai 0,20 mm dan untuk klep ex (klep buang) di angka 0,20 - 0,30mm. Jika pengaturan klep sudah tidak sesuai standard atau melebihi batasan standart pabrik, maka yang akan terjadi klep menimbulkan bunyi tik tik dan apabila anda tidak segera meperbaikinya maka resikonya bisa fatal karena dapat mengakibatkan batang (arm) klep ikut aus.

Cara Menghilangkan Suara Mesin Satria Fu Yang Kasar Di Area Kepala Silinder

suara mesin satria fu kasar


Selain itu, suara mesin satria fu kasar itu karena pada bagian Noken As satria fu belum mengunakan bantalan noken berupa bearings. Pada ruang bakar satria fu hanya mengandalkan speare / celah yang ada di antara kepala silinder dan tutup noken. Dari kelemahan mesin satria fu tersebut dapat mengakibatkan celah akan membesar akibat gesekan yang terus menerus ketika mesin bekerja / dihidupkan.

Pada kesempatan kali ini kami akan mencoba berbagi pengalaman mengenai cara menghilangkan suara berisik pada mesin satria fu saat panas yang disebabkan karena noken as satria fu yang sudah kocak. Langsung saja kita simak cara mengatasi masalah pada mesin satria fu yang kasar secara lengkapnya di bawah ini.

Cara memperbaiki noken as satria fu 150 yang sudah kocak :


  1. Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah bongkar mesin motor dan lepaskan kepala silinder dari bagian mesin
  2. Setelah itu anda perlu mempersiapkan part untuk diganti, yaitu 4 buah bearingnya. Anda dapat menggunakan poly assy primere cvt mio atau bearing swing arm / capit urang secorpio.
  3. Langkah selanjtunya adalah membubut kop silinder satria fu, dapat juga anda bawa ke bengkel bubut dan bawa kepala silinder juga bearingnya. Jelaskan pada tukang bubutnya untuk memasang bearing kedalam noken as
  4. Langkah terakhir anda cukup memasang kembali mesin, dan periksa apakah suara berisik pada mesin motor satria masih berbunyi atau tidak.
  5. Namun jika anda ragu untuk melakukannya sendiri anda dapat membawa motor anda ke bengkel untuk menghilangkan mesin motor satria fu yang berbunyi.

baca juga :

Demikian postingan kami kali ini yang memberi masukan kepada anda untuk melakukan oversize agar suara mesin motor satria fu halus tidak mengeluarkan bunyi klotok klotok. Semoga artikel kami kali ini dapat bermanfaat untuk kita dalam menghadapi mesin satria fu berisik saat panas, sekian dan terima kasih ..
Share:

1 komentar:

Facebook