Rekomendasi Terbaik

Tuesday, July 18, 2017

Tips Membersihkan Bagian Dalam Knalpot Biar Tarikan Motor Lebih Ringan

Membersihkan knalpot motor 4 tak - Bagaimana cara membersihkan bagian dalam knalpot motor supaya tarikan lebih kenceng ? Pentingnya kita mengetahui cara menghilangkan kotoran kerak di dalam knalpot motor dikarenakan kotoran yang ada di dalam knalpot motor baik itu knalpot standart ataupun knalpot racing dapat membuat tarikan motor 4 tak yang terasa berat. Hal seperti ini merupakan masalah yang wajar bagi pengguna kendaraan bermotor sebab performa mesin akan menjadi berkurang karena lapisan kerak yang semakin tebal pada bagian dalam motor ketika speedometer telah mencapai 80.000-100.000 km. Untuk itu kita perlu mengetahui cara merawat knalpot motor 4 tak seperti satria fu, vixion, mio maupun motor matic agar masalah pada saluran gas buang tidak terjadi pada motor yang kita miliki.

Memang berkendara menggunakan sepeda motor secara pelan - pelan di kecepatan 45 km / jam akan membuat kita lebih aman dan menjadikan kondisi sparepart motor lebih awet. Namun tahukah anda bahwa sebenarnya dengan kita melaju pelan menggunakan motor 4 tak dapat menjadi penyebab terbentuknya lapisan kerak di dalam knalpot yang disebabkan oleh karbon sisa pembuangan bahan bakar yang menumpuk di ruang bakar dan interior knalpot dalam jangka waktu yang lama. Dengan begitu tenaga mesin motor akan menurun karena lubang buang pada knalpot menjadi sempit yang berasal dari tumpukan karbon yang semakin membesar. Oleh karena itu kita harus mengetahui cara membersihkan daleman knalpot motor yang benar agar performa mesin dapat kita jaga.

Maka dari itu pada kesempatan kali ini seputar otomotif akan mencoba berbagi pengalaman dalam perawatan knalpot motor yang terdapat kerak pada di bagian dalam knalpot tersebut. Disini kami akan mencoba berbagi cara membersihkan knalpot satria fu dengan mudah tanpa harus melepas knalpot motor tersebut. Lantas bagaimana cara menghilangkan kotoran di dalam knalpot motor matic ataupun knalpot motor 4 tak lainnya ? Sebenarnya sama saja karena cara merawat knalpot motor pada artikel kami di bawah ini motor yang digunakan adalah satria fu 150 namun secara umum dapat di coba pada knalpot motor lainnya.

Tips Membersihkan Bagian Dalam Knalpot Biar Tarikan Motor Lebih Ringan

cara membersihkan kotoran di dalam knalpot


Yang perlu untuk kita ketahui pada artikel kami ini adalah dalam cara mengeluarkan kerak kotoran di dalam knalpot hampir sama ketika knalpot motor kemasukan air. Hanya saja metode yang digunakan untuk menghilangkan kotoran di dalam knalpot sedikit berbeda ketika kita mencoba mengeluarkan air di dalam knalpot motor. Agar lebih jelasnya mari kita lihat ulasan selengkapnya mengenai cara membersihkan bagian dalam knalpot satria fu dengan beberapa perlengkapan yang perlu dipersiapkan sebelumnya, diantaranya :

Alat - alat yang dibutuhkan :

  1. Potongan kain perca ukuran kecil
  2. 1/4 liter oli diesel atau oli khusus mesin 4 tak, dan
  3. Corong

Cara menghilangkan kerak kotoran di dalam knalpot motor


  1. Langkah pertama untuk membersihkan kotoran yang ada di dalam knalpot motor adalah dengan menutup lubang kecil yang ada pada bagian bawah knalpot dimana fungsi dari lubang tersebut adalah sebagai saluran pembuangan air. Pastikan lubang tersebut benar - benar rapat oleh karena itu sumbat lubang tersebut menggunakan gulungan kain.
  2. Kemudian masukan oli diesel sekitar 1/4 liter ke dalam knalpot motor dengan bantuan corong yang telah kita persiapkan sebelumnya. Akan tetapi kita harus berhati - hati ketika memasukan oli ke dalam knalpot tersebut, pastikan oli tidak sampai masuk ke dalam bagian leher knalpot motor yang kita miliki.
  3. Setelah itu hidupkan motor yang kita miliki selama beberapa saat hingga kondisi mesin motor menjadi panas agar oli yang ada di dalam knalpot ikut mendidih. Untuk mempercepat meningkatkan suhu di dalam knalpot kita perlu menarik tuas gas dengan maksud supaya dapat mempercepat proses penguapan oli.
  4. Langkah berikutnya yaitu matikan mesin dan buka lubang kecil pembuangan air yang ada di bawah knalpot. Periksa hasil yang telah kita lakukan tadi, semua kerak - kerak rontok total dan oli drastis menjadi super kental karena kotoran karbon, persis seperti oli mesin diesel yang sudah menempuh jarak 10.000 km.

baca juga :

Demikian artikel mengenai cara membersihkan knalpot motor dengan mudah tanpa harus melepas knalpot yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kita kali ini. Semoga artikel kami kali ini dapat memberikan manfaat kepada kita semua, khususnya bagi para pencari rejeki yang harus menggunakan sepeda motor seperti ojek online / gojek agar performa mesin motor tetap terjaga. Sekian dan terima kasih ..
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Facebook